Kecemasan Berlebih Bisa Memicu Penyakit Kronis

PANDUILMU.COM - Setiap orang pasti pernah mengalami emosi, termasuk yang negatif seperti marah, sedih, atau cemas. Namun, apa yang terjadi ketika seseorang merasa marah dan kemudian emosi tersebut berubah menjadi ketakutan yang berlebihan? Dalam situasi seperti ini, seorang klien pernah berbagi pengalaman dengan seorang konselor tentang bagaimana dia merasa deg-degan dan sesak nafas ketika menghadapi situasi yang tidak menyenangkan. Dia bahkan mulai berpikir negatif dan takut akan kematian.

Kecemasan Berlebih Bisa Memicu Penyakit Kronis

Pertama kali kejadian ini terjadi pada tahun 2017, ketika klien sibuk mengikuti banyak kegiatan di perkuliahan dan lupa makan dan beristirahat secara teratur. Ketika dia merasa panik dan deg-degan di tengah rapat dengan timnya, dia langsung berpikir bahwa dia akan mati dan takut mengalami kecelakaan saat pulang ke kosannya. Namun, setelah berkonsultasi dengan dokter, dia didiagnosis mengalami masalah lambung yang parah. Meskipun kondisinya lega setelah mendapat pengobatan, trauma dari kejadian itu membuatnya sangat mudah panik ketika menghadapi situasi tidak menyenangkan.

Penting untuk diingat bahwa emosi seperti takut dan cemas adalah hal yang normal dalam kehidupan. Namun, ketika emosi negatif tersebut berlebihan dan mempengaruhi kualitas hidup seseorang, perlu diatasi dengan bijak. Saat menghadapi ketakutan atau kecemasan, penting untuk mengenali bahwa kita tidak bisa mengontrol apa yang terjadi di luar diri kita, seperti lingkungan atau masa depan.

Kecemasan Berlebih Bisa Memicu Penyakit Kronis


Untuk mengatasi rasa takut dan cemas, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Pahami Asal Usul Emosi: Kenali bahwa reaksi negatif dan ketakutan berlebihan mungkin berasal dari pengalaman traumatis atau asosiasi dari kejadian masa lalu. Mengidentifikasi akar masalah bisa membantu mengatasi reaksi berlebihan di masa sekarang.
  2. Antisipasi dan Pengendalian Diri: Alihkan perhatian dari pikiran negatif ke antisipasi dan pengendalian diri. Fokus pada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi situasi tidak menyenangkan dengan lebih baik. Jangan hanya fokus pada rasa takut, tapi temukan solusi dan cara untuk mengatasi masalah.
  3. Konsultasi dengan Profesional: Jika ketakutan dan kecemasan terasa mengganggu kehidupan sehari-hari, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari profesional, seperti psikolog atau psikiater. Mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi akar masalah dan memberikan dukungan serta strategi untuk mengatasi emosi negatif.
  4. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental: Pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, dan aktivitas fisik dapat membantu menjaga keseimbangan emosi. Luangkan waktu untuk berolahraga, meditasi, atau melakukan kegiatan yang membuat Anda bahagia.
  5. Tetap Fokus pada Saat Ini: Jangan biarkan pikiran meresahkan tentang masa depan menghantui Anda. Fokuslah pada momen sekarang dan temukan cara untuk menghadapi tantangan yang dihadirkan oleh kehidupan.
  6. Kecemasan Berlebih Bisa Memicu Penyakit Kronis

Menghadapi emosi negatif dan rasa takut memang tidak mudah, namun dengan kesadaran dan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi reaksi berlebihan tersebut. Ingatlah bahwa perasaan takut hanyalah sebatas pikiran, dan dengan mengubah fokus pikiran ke hal-hal yang lebih positif dan konstruktif, Anda dapat menjalani hidup dengan lebih tenang dan bahagia. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari orang-orang terdekat atau profesional jika Anda merasa kesulitan menghadapi emosi negatif tersebut.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama